Saturday, July 20, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

0 comments




Assalamualaikum wr,wb.Hello teman-teman?.Tiap orang pasti ingin bau mulutnya tetap bersih dan juga sedap.Bukan hanya membuat seseorang tidak percaya diri,tetapi bau mulut yang tidak sedap itu akan membuat lawan bicara jadi kurang nyaman. Itu sebabnya, bau mulut yang tak sedap harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lebih jauh lagi.Bau mulut yang tidak sedap atau disebut Halitosis itu biasanya berkaitan dengan kesehatan mulut kita teman-teman.Bau mulut umumnya timbul karena sisa-sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut kita.Sisa-sisa makanan yang berada di dalam mulut yang terlalu lama akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik, terutama masalah pada gig berlubang dan juga masalah pada gusi yang seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi sehingga mulut berbau tidak sedap.Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan membahas Penyebab dan cara mengatasi bau mulut. Berikut 3 Penyebab utamanya:

Sinusitis

Banyak orang penderita sinusitis yang tidak menyadari bahwa sinusitis yang menyebabkan bau mulut tidak sedap saat kita berbicara dengan orang lain. Mengapa demikian?.  Karena sinusitis menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Saat sinusitis menyerang, penderita tidak bisa mencium bau mulut dengan baik, sehingga sering luput mengetahui apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. Sinusitis sendiri sebenarnya adalah bentuk peradangan pada dinding sinus. Hal Ini umum terjadi dan biasanya mencakup masyarakat di berbagai usia.

Penyebab utamanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi virus flu, penyebab lainnya antara lain bakteri, jamur, infeksi gigi, atau kebiasaan merokok. Sinusitis ini juga bisa menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Biasanya, anak-anak mudah tertular dengan cara ini.

Gangguan Saluran Pencernaan

Penyebab lain dari bau mulut yang lebih serius adalah gangguan saluran pencernaan sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut tidak sedap. Gangguan saluran pencernaan yang paling umum adalah maag dan penyakit asam lambung atau GERD. Saat terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan ke mulut. Nah, asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap.

Xerostomia

Xerostomia atau mulut kering adalah suatu kondisi gangguan pada kesehatan yang kadang sering terjadi karena hal–hal sepele yang terlupakan. Salah satu penyebab Xerostomia atau mulut kering adalah kurangnya kandungan air liur yang ada di dalam mulut. Biasanya penderita Xerostomia itu terjadi ketika anda sedang sakit, jarang terjadi pada orang sehat. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, konsumsi obat, atau saat sedang pilek. Saat pilek, seseorang dipaksa untuk bernafas melalui mulut, sehingga air liur mengering dan terjadi xerostomia.

Keringnya mulut karena ketiadaan air liur jelas membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Air liur di dalam mulut berperan untuk membunuh bakteri sehingga tidak sampai mengeluarkan bau tidak sedap. Nah, jika mulut kering dan tidak mengandung air liur, maka perkembangan bakteri di mulut jadi tidak terkendali dan menyebabkan bau mulut tidak sedap.



Anda telah mengetahui Penyebab-penyebab bau mulut yang tidak sedap.Nah, sekarang saya akan memberitahukan Cara mengatasi bau mulut.Berikut 4 cara mengatasi bau mulut:

Minum Air Putih Yang Banyak

Mengapa teman-teman harus meminum air putih yang banyak?. Sebab air putih dapat menjaga kelembapan mulut tetap terjaga. Sangat penting untuk meminum air putih 8 gelas dalam sehari agar bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut akan hilang. Hal ini membantu untuk membilas sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut.

Kumur dengan Mouthwash

Cara yang lain adalah dengan berkumur-kumur dengan Mouthwash. Mouthwash atau cairan pencuci adalah cara yang paling cepat dan tidak ribet untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Begitu mouthwash sudah menyebar ke seluruh bagian mulut, maka nafas segar seketika akan menjadi milik Anda, dan memberikan rasa nyaman di mulut Anda. Anda juga bisa menggunakan Pepsodent Mouthwash Herbal Natural. Cukup berkumur kurang lebih selama 30 detik saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kunyah Buah atau Sayur Penghilang Bau

Teman-teman juga bisa mencoba mengunyah buah atau sayuran penghilang bau. Beberapa di antaranya adalah kulit jeruk, lemon, atau peterseli. Kulit jeruk atau lemon jika dikunyah mampu merangsang keluarnya air liur di mulut. Dengan demikian, air liur akan membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Selain kulit jeruk atau lemon, Anda bisa mencoba mengunyah peterseli. Peterseli memiliki zat penetralisir bau tak sedap, sehingga cocok untuk dijadikan solusi saat bau mulut menyerang Anda.

Jangan makan bawang putih dan bawang bombai saat Anda hendak berbincang cukup dekat dengan orang lain. Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang lebih aman seperti apel, semangka, wortel, atau tomat. Kandungan air yang banyak bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak enak. Menghindari makanan-makanan yang berbau tajam dan tidak sedap juga ampuh untuk menghalau bau mulut.


 Makan Yogurt

Yogurt juga dapat memperlancar kerja sistem pencernaan. Tak hanya itu, bagi anda yang sering mengalami bau mulut yogurt bisa menjadi salah satu pilihan camilan atau minuman terbaik. Yogurt memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, yang mengakibatkan adanya bau khas dari mulut Anda.

Akan tetapi, pilihlah yogurt plain tanpa rasa ya, Jangan pilih yang rasa buah-buahan atau cokelat karena kandungan gulanya bisa jadi berlebihan.


Itulah  Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut.Semoga Bermanfaat...


No comments:

Post a Comment