Saturday, July 20, 2019

Manfaat Setiap Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

0 comments


Assalamualaikum wr,wb. Hello teman-teman?. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang manfaat setiap gerakan sholat bagi kesehatan tubuh. Sholat merupakan rukun islam yang kedua. Tahukah teman, bahwa sholat itu merupakan tiang agama islam dan juga sholt merupakan bekal kita menuju akhirat. Kadang kita menganggap sepele bahwa sholat hanya mendapatkan amal ibadah saja akan tetapi, sholat itu juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Hal ini terdapat dalam setiap gerakan dalam sholat. Teman-teman penasaran?. Berikut ini manfaat setiap gerakan sholat


Gerakan Takbiratul ihram


Sholat dimulai dari gerakan Takbiratul ihram. Dalam gerakan Takbiratul Ihram ini biasanya kita mengucapkan kalimat "Allahu Akbar " bersamaan dengan mengangkatnya kedua tangan. Nah, kalimat takbir "Allahu Akbar" menurut ahli psikologis dari Belanda yaitu Professor Vander Hoven terbukti bermanfaat untuk mengobati masalah psikologis. Dan kalimat takbir ini juga bisa melapangkan sistem pernapasan dan mengontrol denyut nadi.

Selain itu, pada setiap gerakan Takbiratul Ihram, otot diafragma juga akan terlatih. Hal ini berdampak positif terhadap fungsi-fungsi fisiologis tubuh seperti otak, otot, organ tubuh, dan bagian tubuh lainnya. Pastikan telapak tangan anda menghadap ke kiblat.


Manfaat Gerakan Berdiri dalam Sholat

Setelah gerakan Takbiratul Ihram maka, gerakan selanjutnya adalah gerakan berdiri dengan kedua tangan dilipat di depan dada dan berdiri hingga gerakan selanjutnya yaitu ruku'. Pada gerakan sholat berdiri ini kedua telapak kaki akan menjadi tumpuan berat badan.

Manfaat gerakan sholat berdiri ini bisa menurunkan resiko terjadinya patah tulang dengan mudah. Selain itu juga bermanfaat untuk melatih postur tubuh yang tegap dan lurus. Hal ini bisa berdampak positif terhadap bentuk dan kondisi tulang tubuh terutama tulang rusuk agar tampak lebih indah. Posisi kaki yang terbuka selebar jarak antara kedua bahu dengan tumit mengarah keluar bisa mencegah terjadinya keseleo.


Manfaat Gerakan ruku'


Gerakan sholat selanjutnya adalah ruku'. Nah, gerakan ruku' yang sempurna ini akan nampak pada tulang belakang yang terlihat lurus. Posisi kaki pada saat ruku' sama seperti saat berdiri dalam sholat tetapi posisi tangan menyangga sambil memegang lutut. Gerakan ruku' yang sempurna ini memiliki tanda adanya sensasi tarikan pada tulang punggung yang bisa mengurangi kompresi antar tulang belakang dan merelaksasi otot-otot punggung yang sebelumnya tegang.

Manfaat dari gerakan ruku' ini sangat baik untuk otot-otot dan tulang jika kita melakukanya dengan posisi yang sempurna.


Manfaat Gerakan I'tidal


Apabila gerakan ruku' telah selesai maka gerakan selanjutnnya adalah i'tidal. Jangan lupa lakukanlah Tuma'ninah. Tuma'ninah adalah tenang (berhenti atau tidak bergerak) setelah gerakan dan semua anggota badan sudah diam pada tempatnya, kira-kira lamanya seukuran membaca "Subhanallah". Pada saat Tuma'ninah ini tubuh akan terasa tenang, oleh karena itu Tuma'ninah harus ada di setiap gerakan sholat.

Manfaat gerakan I'tidal ini adalah gabungan antara manfaat gerakan takbiratul ihram dan manfaat gerakan berdiri. Hal ini dikarenakan posisi i'tidal yang sama seperti gerakan takbiratul ihram dan berdiri sejenak.


Manfaat Gerakan Sujud

Gerakan sujud merupakan simbol dari pengakuan bahwa manusia adalah hamba Allah subhanahu wata'ala. Sujud akan menghasilkan posisi kepala yang sama rata dengan posisi kaki. Selain itu, pada saat sujud posisi otak akan lebih rendah daripada jantung. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah aliran darah yang kaya oksigen ke otak.

Semua posisi tubuh pada saat sujud ini bisa menimbulkan adanya tarikan di tulang belakang bagian tengah punggung. Manfaat dari tarikan ini bisa membuat ruas-ruas tulang belakang menjadi teratur dan lurus serta berkurangnya kompresi dan terjadi peregangan..


Manfaat Gerakan duduk diantara dua sujud (Iftirash)

Saat duduk iftirash, kita bertumpu pada pangkal paha yang dilewati saraf skiatik, hal ini dapat memelihara fungsi saraf skiatik. Penyakit skiatik yaitu gangguan di sepanjang daerah yang dipersarafi saraf skiatik yang menyebabkan nyeri dari punggung bagian bawah sampai kaki yang luar biasa sehingga menyebabkan penderitannya tidak mampu berjalan.

Posisi Iftirash menghasilkan "tekanan refleksi" yang lengkap. Tetapi bagi mereka yang tidak meluruskan kaki kanan mereka secara vertikal, maka mereke tidak akan mendapatkan tekanan refleksi untuk bagian-bagian dari tertentu dari tubuh saja.


Manfaat Gerakan Tahiyat Akhir



Sedangkan duduk Tahiyat Akhir atau tawarruk yang sempurna sangat baik bagi pria karena dapat mencegah impotensi dan mencegah gangguan pada ureter, kandung kemih, vas deferens dan uretra. Variasi posisi telapak kaki pada duduk iftirash dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian. Gerakan yang harmonis dan teratur inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ kaki kita.
.

Manfaat Gerakan Salam

Salam merupakan gerakan sholat yang terakhir. Gerakan salam ini dilakukan dengan cara menoleh ke arah kanan dan kiri sambil melihat bahu pada sisi tersebut. Indikasi gerakan salam yang benar adalah membuat pipi bisa dilihat oleh orang yang berada di belakang anda. Jadi gerakan salam tidak hanya asal menoleh saja ya teman-teman.

Manfaat gerakan salam ini sangat berkaitan dengan bagian leher. Di dalam leher terdapat banyak bagian tubuh yang vital seperti saraf, kelenjar-kelenjar, pembuluh, darah, otot-otot, tulang-tulang dll. Gerakan salam bisa menjaga bagian-bagian vital tersebut. Selain itu, manfaat gerakan salam bisa menguatkan otot-otot dan seluruh bagian leher. Hal ini bisa menurunkan resiko terjadinya penjepitan saraf di leher yang terkait kejadian kepala "teleng" dan mata julinng.


 Semoga Bermanfaat.....








 









No comments:

Post a Comment