Saturday, July 20, 2019

5 Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan Yang Jarang Sekali Orang Ketahui

0 comments





Assalamualaikum wr,wb. Hello teman-teman?. Kali ini saya akan membahas tentang 5 manfaat kerokan bagi kesehatan tubuh. Kerokan adalah sebuah terapi pengobatan alternatif dan juga tradisional dengan metode menggaruk sambil menekan bagian permukaan kulit dengan menggunakan minyak dan juga uang logam sebagai alat pengerok. Hal ini bermanfaat untuk mengusir gejala masuk angin, pegal-pegal dan juga sakit kepala.

Sebenarnya selain di Indonesia, pengobatan alternatif ini juga banyak dilakukan di negara lain, terutama di Asia, misalnya Cina dan Vietnam. Kerokan di China dikenal dengan istilah gua sha, sedangkan di Vietnam dikenal dengan cao gio. Keduanya bertujuan untuk mengusir masuk angin, pegal-pegal dan juga sakit kepala.

Mengenal lebih dalam Manfaat kerokan


Ketika tubuh kita dikerok, sirkulasi jaringan lunak di bagian tubuh yang di kerok akan terangsang dan aliran darah menjadi lancar. Pasalnya, keroka dipercaya dapat memperbaiki metabolisme dan membantu mengatasi peradangan yang sering menjadi pemicu beberapa penyakit tertentu.

Setelah melakukan kerokan, biasanya daerah yang dikerok akan tampak berwarna kemerah-merahan. Daerah tersebut akan terasa lebih hangat dibanding daerah tubuh yang lainnya, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks. Metode ini dijamin aman karena belum pernah ditemukan efek samping yang berbahaya.

Kerokan tidak hanya membantu mengusir masuk angin, pegal-pegal dan sakit kepala, tetapi kerokan juga dipercaya dapat meredakan gejala beberapa penyakit. Berikut 5 manfaat kerokan bagi kesehatan tubuh kita


  1. Nyeri Leher
Kerokan lebih efektif dalam mengatasi masalah nyeri leher daripada koyo yang diletakkan di bagian belakang kepala leher. Bila anda mengalami masalah nyeri leher anda bisa mencoba metode kerokan ini tanpa harus membeli obat-obatan.

       2. Sakit kepala migrain

Anda bisa mecoba melakukan kerokan saat mengalami sakit kepala migrain. Menurut penelitian, metode ini tak kalah ampuh dari mengkonsumsi obat sakit kepala migrain yang banyak dijual di pasaran.

       3. Pembengkakan Payudara

Bagi Ibu-ibu yang menyusui sering mengalami pembengkakan payudara setelah persalinan. Akibatnya, ibu akan sulit unutk menyusui sang buah hatinya. Maka dari itu kerokan dianggap cukup ampuh untuk membantu mengatasi masalah ini.

      4. Sindrom Torette 

Kerokan biasanya dikombinasikan dengan metode lain, misalnya akupuntur. Metode ini mampu membantu meredakan gejala sindrom torette, seperti kedutan berulang di wajah, serta gangguan pada tenggorokan dan juga suara.

      5. Hepatitis B

Manfaat lainya dari kerokan adalah mampu membantu meredakan gejala penyakit hepatitis B, misalnya peradangan pada liver, muncul jaringan parut pada liver serta menurunkan kadar enzim liver. Kerokan sangat mudah sekali dilakukan dan tentunya banyak juga manfaat dari kerokan bagi kesehatan tubuh kita. Jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus dan timbul keluhan setelah kerokan, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter.




Itulah beberapa manfaat Kerokan bagi kesehatan.Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment