Saturday, July 20, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

0 comments



Assalamualaikum wr,wb. Hello teman-teman?.Kali ini saya akan sharing-sharing tentang penyebab dan cara mengatasi bau badan. Bau badan atau bromhidrosis ( juga disebut osmidrosis dan ozochrotia ) adalah bau bakteri pada tubuh kita. Bakteri tersebut berkembang dengan sangat cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri tidak berbau. Bau badan ini biasanya sering berhubungan dengan kaki, rambut, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut. Teman-teman pasti penasaran kenapa sesudah mandi bau badan kita masih saja tetap bau. Berikut ini beberapa penyebab bau badan yang harus teman-teman ketahui


Keringat

Apakah penyebab bau badan itu terjadi akibat dari keringat? Ternyata tidak teman-teman. Keringat adalah cairan bening yang dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori dan tidak berbau jadi teman-teman jangan salahkan keringat ya....

Keringat itu terdiri atas air, minyak, protein dan garam. Penyebab bau badan sebenarnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri. Bakteri ini akan bertahan hidup dan berkembang biak di tempat yang lembap dan kaya akan nutrisi. Bau badan biasanya muncul ketika bakteri mengubah keringat menjadi asam.

Gemuk

Penyebab bau badan yang lain umumnya terjadi pada orang yang gemuk. Orang gemuk pasti memilki banyak pori-pori yang tersembunyi di dalam lekuk tubuhnya. Karena area ini sangat hangat, beruap dan juga gelap mikroorganisme akan berkembang sangat pesat di sana. Maka bau badan akan muncul.

Toksin

Sebenarnya di dalam tubuh manusia itu menyimpan racun yang disebut Toksin. Toksin ini bisa berasal dari mana saja, bisa dari lingkungan, makanan, dan udara. Ketika organ tubuh tidak bisa mengatur pengeluaran toksin, maka racun ini akan berkumpul di dalam tubuh. Maka tak diragukan lagi, bau badan akan muncul.

Jika teman-teman banyak mengkonsumsi daging atau sayur-sayuran otomatis bau badan teman akan lebih menyengat. Beberapa orang yang organ tubuhnya tidak mampu memetabolisme makanan yang mengandung banyak Zat Choline seperti telur, ikan, dan hati. Bawang merah, kunyit, merica, bawang putih, kari, makanan pedas, kopi dan juga alkohol juga bisa menjadi penyebab bau badan. Nah berikut ini 4 cara mengatasi bau badan

Mandi Teratur

Anda dianjurkan mandi minimal dua kali dalam sehari agar badan anda tampak sehat dan tetap terjaga kebersihannya. Pastikan anda membersihkan daerah yang rawan keringat yang akan menimbulkan bau badan.

Gunakan sabun Antibakteri 

Jangan lupa bila anda mandi gunakanlah sabun yang mencantumkan label AntiBakteri. Sebab sabun jenis ini bisa membantu mengendalikan bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan anda akan berkurang.

Mengeringkan Badan dengan benar 

Pastikan setelah mandi anda jangan lupa untuk selalu mengeringkan bagian tubuh seperti selangkangan dan ketiak. Tubuh yang kering akan menghambat berkembangnya bakteri penyebab bau badan.

Gunakan Pakaian yang tepat 

Pilihlah pakaian dengan bahan yang tidak membuat tubuh anda menjadi cepat gerah, karena hal ini bisa berdampak unutk meminimalkan bau badan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan kaos kaki unutk mencegah bau tidak sedap pada kaki.


Itulah Penyebab dan Tips mencegah Bau badan. Semoga Bermanfaat.....
 







No comments:

Post a Comment